12 Fitur WhatsApp di Android Yang Mungkin Belum Anda Ketahui


Siapa yang tak kenal Whatsapp? aplikasi chat ini semakin digemari karena terkenal sangat ringan load dan jarang mengalami error bahkan apabila kita mempunyai lebih dari satu group chat sekalipun. Selain penggunaan yang sangat mudah dan ringan berikut beberapa fitur Whatsapp yang jarang diketahui:



1. Melihat siapa saja yang membaca pesan kita di group



Apabila mengirimkan pesan pada personal chat (langsung ke teman) dapat dengan mudah apakah
pesan sudah dibaca atau belum. Apabila tanda double contreng sudah berwarna biru artinya pesan
yang terkirim sudah terbaca. Namun tidak demikian dengan pesan yang kita kirim ke group. Untuk
melihat siapa saja yang telah membaca  pesan yang kita kirim ke group whatsapp pada android
berikut langkahnya:  
Buka Group Chat → Tekan + Tahan chat yang telah kita kirim di group (sampai muncul popup info) →Tap message Info → Read by (terlihat siapa saja teman kita yang sudah membaca chat yang kita kirim ke group)



2. Mute chats di group dan notifications



Menonaktifkan pembaeritahuan pesan yang dikirim ke group. Dalam hal ini kita tetap menerima
pesan yang masuk di group hanya tidak ada notifications saat pesan masuk group.
Tap Group chat  → Menu  → Mute  (Pilih berapa lama waktu mute) → Ok . Untuk menonaktifkan pemberitahuan chat unchecklis Notifications.



3.Mematikan auto download media yang di share di group (image, audio, video)


Sering kita temui di group Whatsapp beberapa teman share gambar atau video lucu, aneh, menarik bahkan ada yang kurang penting. Seperti yang kita ketahuai sebenarnya tujuan mereka adalah untuk membuat group ramai dengan sekedar lucu-lucuan. Tapia apa jadinya kalau kebanyakan yang di share adalah gambar atau video yang kurang menarik dan by default akan tersimpan di memory handphone. Selain memakan quota handphone akan penuh dengan gambar dan video yang kurang menarik. Berikut cara mematikan auto download media di Whatsapp:
Menu → Setting →  Chat and calls → Media auto-download → When using mobile data (atur media yang di download ketika menggunakan paket data [Image | Audio| Video] Cheklis untuk akitf dan UnCheklis untuk mematikan).  Demikian pula dengan When connected on Wi-Fi dan When roaming bisa kita atur sesuai keinginan.
Walaupun kita sudah mematikan auto-download tetapi dalam ha ini kita masih bisa download media yang di share di group secara manual



4. Mematikan terakhir terlihat online (Last seen)


Seperti yang kita ketahui bahwa Whatsapp mempunyai fitur untuk melihat kapan teman kita terakhir online. Yaitu dengan cara tap contact perhatikan last seen yang terdapat dibawah nama. Apabila kita tidak ingin terlihat kapan terakhir kali online berikut langkahnya:
Menu → Setting →Account →Privacy → Last seen (Disini kita bisa memilih siapa saja yang bisa melihat kapan terakhir kali kita online) semua orang, hanya kontak atau tidak siapapun. Perlu kita ketahui apabila menonaktifkan last seen kita, kita juga tidak bisa melihat last seen kontak lain.


5. Mengirim broadcast message

Untuk mengirim broadcast tap Chat → Menu →New broadcast
  

6. Backup pesan WhatsApp

Kita bisa backup data Whatsapp menggunakan google drive atau local drive yang sewaktu-waktu bisa di restore apabila diperlukan. Untuk selengkapnya baca disini.



7. Mengganti Nomor Whatsapp

Whatsapp menyediakan fitur change number apabila suatu saat kita ingin ganti nomer di akun whatsapp. Caranya: Menu  →Setting  → Account  → Change number. Masukan nomor lama dan nomor baru. Kode verifikasi akan dikirim ke nomor baru kita. Dengan cara ini semua group yang ada di akun sebelumnya akan tetap ada, hanya nomor kita saja yang diganti.


8. Menonaktifkan tanda checklis biru (read)


Kita bisa mengetahui apakah pesan yang dikirim sudah dibaca atau belum yaitu dengan tanda dua checklis biru (read receipts). Apabila kita ingin pesan yanga dikirim teman ke kita tidak ketahuan apakah sudah kita baca atau belum berikut caranya:  Menu → Setting  →  Account → Privacy (Unchecklis Read receipts)


10. Blokir contact

 Mungkin kita merasa terganggu dengan salah satu atau beberapa contact di whatsapp. Untuk memblokir contact berikut caranya: Tap contact yang ingin diblokir → More → Block.


11. Membuat shortcut contact

Untuk orang yang kita prioritaskan seperti pacar, istri, suami, bawahan atau lainnya. Yang memerlukan akses cepat untuk menemukannya kita bisa membuat shortcut pada contact tersebut. Caranya : Tap contact  →  More →Add Shortcut. Maka contact yang kita buatkan shortcut akan muncul di home screen hingga kita lebih mudah untuk langsung melakukan chat atau yang lain.


12. Menambahkan contact International

Apabila kita mempunyai teman di negara lain dan menggunakan whatsapp, untuk bisa tetap berteman di whatsapp caranya cukup simple yaitu dengan menyimpan contact dengan format international : mengganti angka “0” diawal nomor handphone dengan tanda “+” diikuti kode negara. 


0 comments :

Post a Comment